76 Dosa Besar yang Dianggap Biasa

Merek: Darul Haq
Kode Produk: Buku
Ketersediaan: Tersedia
Harga: Rp40.000
Jml:  

76 Dosa Besar

Penulis: Al-Imam al-Hafizh adz-Dzahabi
Penerbit: Darul Haq
Berat:  533 gram
Tebal: 200 halaman
Cover: soft Cover
Ukuran: 15,5 x 24 cm

Resensi:

Buku al-Kaba'ir yang dalam edisi terjemahan kami dan ada di tangan Anda ini, berjudul '76 Dosa yang Dianggap Biasa', tentu tidaklah baru dan asing bagi kaum muslimin umumnya, terlebih bagi mereka yang mencintai ilmu. Al-Kaba'ir yang berarti dosa-dosa besar, telah diterbitkan oleh banyak penerbit, baik yang asli berbahasa Arab maupun edisi terjemahan.

Ini tentu membahagiakan kita semua sebagai kaum muslimin, karena itu menunjukkan bahwa al-Kaba'ir diterima oleh kaum muslimin dan dibaca oleh banyak orang. Dan di samping nama besar penulisnya yang merupakan jaminan bagi kualitas ilmiah yang diusung, al-Kaba’ir adalah buku yang sangat penting bagi setiap kaum muslimin, karena buku ini memuat tentang larangan-larangan besar yang tidak boleh didekati oleh seorang muslim. Perlu kita ingat bahwa ubudiyah praktis yang Allah bebankan atas kita, pada hakikatnya berkisar pada dua dasar: menjalankan perintah dan menjauhi larangan. Dan al-Kaba’ir, dosa-dosa besar dalam buku ini adalah rambu-rambu yang tidak boleh diabaikan oleh seorang muslim, baik dalam dalam masalah akidah, ibadah maupun muamalah. Maka sungguh sangat beruntung orang yang mempelajarinya, lalu memahaminya dan dapat menghindarinya secara total.

Tapi sangat disayangkan, penerimaan kaum muslimin yang begitu luas terhadap tema dan muatan al-Kaba’ir, tidak berbanding lurus dengan kenyataan bahwa al-Kaba’ir yang ada di tangan mereka justru al-Kaba’ir yang telah ditambah-tambah dengan berbagai kebatilan, khurafat, dan kisah-kisah dusta yang mana Imam adz-Dzahabi; selaku penulis, berlepas diri darinya. Ini dari satu sisi, dan dari sisi yang lain, muatan dan hadits-hadits yang justru merupakan bagian asli dari al-Kaba’ir dikurangi, dan sekalipun sisi yang kedua ini terjadi dalam presentase yang kecil, tetapi tetap saja menambah buram isi buku. Hal itu karena di antara yang dihilangkan adalah hukum-hukum dan kesimpulan Imam adz-Dzahabi terhadap derajat hadits-hadits yang beliau jadikan sebagai dalil, dari segi shahih, hasan, dan lainnya, yang merupakan tipikal dan ciri khas seorang ulama ahlus sunnah dan bukti kedalaman ilmu penulis dalam disiplin hadits. Sisi ketiga, jumlah halaman buku yang banyak beredar menjadi berlipat, padahal buku aslinya hanya kurang lebih sepertiganya, di mana ini juga mengganggu konsentrasi isi yang di susun secara ringkas dan padat agar lebih mudah diingat dan direalisasikan.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh Muhaqqiq; Muhyiddin Mistu, setelah melalui studi yang menyeluruh, bahwa komplikasi atas al-Kaba’ir tersebut dilakukan oleh orang yang tidak diketahui. Terlepas dari niat baik atau buruk dan sengaja atau tidaknya orang yang bersangkutan, yang jelas, tambahan-tambahan itu adalah kezhaliman yang buruk terhadap Imam adz-Dzahabi. Nah, buku yang ada di tangan Anda ini adalah terjemah dari kitab al-Kaba’ir yang asli, yang selamat dari penambahan dan pengurangan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, bersih dari unsur bid’ah, khurafat, dan kisah dusta. Kemudian, al-Kaba’ir  yang asli ini menjadi lebih simpel dan lebih tipis dari yang beredar di toko-toko buku, yang tentu saja menjadi lebih padat  dan jauh dari kamuflase pembahasan panjang yang njelimet tapi kosong makna. Dan buku ini menjadi semakin valid karena hadits-hadits dan riwayat-riwayatnya ditakhrij  dengan standar ilmu hadits oleh pentahqiq.

Tulis review

Nama Anda:


Review Anda: Note: HTML tidak diterjemahkan!

Rating: Jelek           Bagus

Masukkan kode verifikasi berikut:



  • Aqwam
  • Griya Ilmu
  • Ummul Qura
  • Pustaka Ibnu Umar
  • Khazanah Fawa'id
  • Pustaka Imam Syafi'i
  • Darul Haq
  • Pustaka Imam Bonjol
  • Pustaka At-Taqwa
Copyright 2019 @ibbasbuku.Com. Design By PavoThemes